DPN Korpri Gelar MTQ Korpri Ke-3 di Samarinda

By Admin

nusakini.com-- Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Dewan Pengurus Nasional (DPN) menggelar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Korpri ke-3 Tahun 2016 . MTQ ke-3 ini Tahun 2016 akan berlangsung pada 12-21 November 2016 di Samarinda Provinsi Kalimantan Timur yang ditunjuk menjadi tuan rumah perhelatan yang digelar setiap 2 tahun sekali. 

Diawali dengan Malam Taaruf di Gedung Lamin Etam, Komplek Kantor Gubernur Kaltim, Sabtu 913/11), Wakil Gubernur Kalimantan Timur Mukmin Faisyal melantik Dewan Juri MTQ yang diketuai oleh Prof. Dr. Sid Agil Husin Al-Munawar, dilanjutkan dengan penyerahan piala bergilir dari juara umum MTQ ke-2 Kementerian Agama oleh Wakil Sekretaris Official Kafilah Kementerian Agama Ariyadi kepada Wakil Gubernur Kaltim disaksikan Sekretaris Jenderal DPN Korpri Bima Haria Wibisana. 

MTQ Korpri ke-3 tahun 2016 ini diikuti oleh 641 peserta dan official yang berasal dari 30 provinsi dan 23 kementerian/lembaga. Cabang dan golongan yang dilombakan berjumlah 5 cabang yaitu; Musabaqah Tartil Al-Quran untuk golongan putra dan putri, Tilawah putra dan putri; Hifdzil Quran golongan 3 juz plus putra dan putri, golongan 5 juz plus putra dan putri; golongan 10 juz putra; Musabaqah Dakwah Al-Quran putra dan putri, dan; Musabaqah Khath Al-Quran golongan dekorasi putra dan putri serta golongan Kalighrafi Kontemporer putra dan putri. 

Dalam sambutannya saat Malam Taaruf, Wakil Gubernur Kaltim menyampaikan, sebagai sumber kehidupan, kecintaan terhadap Al-Quran harus terus dipupuk oleh anggota Korpri khususnya yang beragama Islam. 

"MTQ ini tidak semata untuk meraih juara, namun yang paling utama adalah untuk lebih mencintai Al-Quran sebagai sumber kehidupan anggota Korpri," ujar Wagub 

Sekretaris Jenderal DPN Korpri yang juga Kepala Badan Kepegawaian Nasional (BKN) Bima Haria Wibisana mengatakan, selain menjadi momentum silaturahim anggota Korpri, MTQ ini diharapkan bisa memberikan motivasi bagi anggota Korpri dalam menjalankan tugasnya melayani publik dengan spirit Al-Quran. 

"Jadikan momentum MTQ ini ajang silaturahim dan ukhuwah Islamiyah anggota Korpri dan jadikan Al-Quran sebagai spirit dalam memberikan pelayanan bagi masyarakat," kata Bima. 

Sesuai agenda, pembukaan MTQ akan digelar di Islamic Center Kota Samarinda, Minggu (13/11) malam dengan parade kafilah setiap kontingen dan tarian kolosal budaya Kalimantan. Sejumlah kegiatan digelar untuk memeriahkan MTQ ini, seperti Seminar Al-Quran dengan narasumber salah satunya Prof. Dr. Nasaruddin Umar, Bazaar Rakyat, Pameran, dan Festival Mahakam.(p/ab)